RAPI Gianyar Terdepan pada Peristiwa yang Libatkan Masyarakat

8 April 2018, 18:18


Bali News - Muswil RAPI wilayah 03 Gianyar tahun 2018 di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.com – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Gianyar menegaskan komitmen untuk senantiasa menjadi palang pintu terdepan, dalam setiap kegiatan dan peristiwa penting yang melibatkan masyarakat di Kabupaten Gianyar.

Hal itu ditekankan Ketua RAPI daerah 04 Bali Wayan Suyanasila dalam musyarawah wilayah (Muswil) RAPI wilayah 03 Gianyar tahun 2018 di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar, Minggu (8/4).

RAPI adalah sebuah organisasi sosial nirlaba di Indonesia yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi.

Sesuai dengan namanya, anggota RAPI menggunakan perangkat radionya untuk berkomunikasi dengan sesama anggota masyarakat lainnya.

Wayan Suyanasila mengatakan, organisasi RAPI masih eksis saat ini, disebabkan antusias masyarakat kian ramai untuk bergabung. Rata-rata mereka tergerak karena memiliki jiwa sosial untuk turut membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat.

”Frekuensi kita masih di 142.300,” ucap dia.

Dia mengatakan, RAPI turut terlibat dalam berbagai peristiwa yang ada di Bali. Terakhir, saat level Gunung Agung dalam status awas, pihaknya secara intensif mengkomunikasikan perkembangan terbaru dengan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut, saat ini RAPI daerah 04 Bali telah memiliki sekitar 4.350 anggota resmi, belum termasuk simpatisan. Di Gianyar sendiri, sudah terdaftar sebanyak 366 anggota.

”Syarat utama menjadi anggota harus memiliki perangkat komunikasi, bisa berupa rakom bentuk stasiun atau bentuk mobile seperti pesawat komunikasi yang lumrah disebut HT,” kata pria asal Sanur, Denpasar itu.

Dia berharap ke depannya RAPI mendapat lebih banyak perhatian dari pemerintah, organisassi sosial, mendapat bantuan dana setiap kegiatan. Hal ini disebabkan, sampai saat ini masih bersifat swadaya.

Sekdis Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gianyar Gede Daging mengapresiasi kinerja dari RAPI wilayah 03 Gianyar. Dia juga meminta RAPI agar tetap eksis, bekerja dengan penuh pengabdian sosial. “Saya harapkan kerja samanya, khususnya pada bulan ini kita menyambut HUT Kota,” katanya. (LE)

Komentar List

  1. Succses…. Untuk Rapi Gianyar…. Semoga giat Rapi Gianyar…. Lebih baik lagi.. Sesuai mengangkat thema komunikasi ke masyarakat… Tentunya Kepariwisataan di Gianyar selalu hadir terdepan jg tidak lalah pentingnya selalu di komunikasikan…. Salam untuk JZ14WY…. pak wayan sila sayana Ketuda Rapi Bali…

  2. Kini sudah saatnya Pemkab Gianyar mengoptimalkan Jasa RAPI untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terutama terhadap masalah masalah sosial dan Kebencanaan…….. sehingga timbul Rasa Aman bagi Masyarakat di kab. Gianyar………..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *