Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Sebercak Cahaya Bergerak di Kawasan Puncak Agung

Sebercak Cahaya Bergerak di Kawasan Puncak Agung

(11 Views) Mei 1, 2018 1:17 pm | Published by | No comment

Karangasem, LenteraEsai.com – Sebercak cahaya yang diduga berasal dari lampu senter, terlihat bergerak dari kawasan puncak menuju lereng Gunung Agung bersamaan dengan ‘murkanya’ kembali gunung tersebut pada Senin (30/4) tengah malam.

Sejumlah relawan Pasebaya Agung yang memantau aktivitas vuknanik Gunung Agung dari wilayah Selat dan Rendang, Kabupaten Karangasem, Selasa (1/5) siang senada mengungkapkan, cahaya yang diduga berasal dari lampu senter terlihat jelas di tengah kegelapan malam di kawasan puncak dan lereng gunung yang kembali ‘murka’.

Ketua Pasebaya Agung Gede Pawana mengakui bahwa pada malam terjadinya letusan sempat terlihat ada sebercak cahaya yang bergerak di kawasan lereng di dekat puncak gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu.

Kendati demikian, Gede Pawana belum dapat memastikan sumber cahaya atau orang yang bergerak dengan membawa senter pada malam itu. “Kami belum dapat memastikan apakah orang yang membawa senter itu penghobi, yakni pendaki gunung, atau warga yang tengah melakukan ritual di kawasan puncak Agung. Semuanya belum jelas,” ujarnya, menandaskan.

Senada dengan Gede Pawana, Sekretaris Pasabaya Agung Wayan Suara menduga kuat kalau sumber cahaya itu berasal dari nyala senter para pendaki. “Kuat dugaan dari senter milik pendaki. Namun tidak diketahui pasti apakah mereka penghobi atau warga yang tengah melakukan ritual,” ujar Suara.

Terlepas dari itu, Gede Pawana mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pendakian sehubungan aktivitas Agung kini belum betul-betul normal. “Buktinya, pada Senin malam kembali erupsi setelah sempat terhenti dalam beberapa lama,” katanya.

Aktivitas vulkanik Gunung Agung tercatat mulai menimbulkan kegempaan dan semburan asap cukup tebal sejak pertengahan September 2017, hingga pihak PVMBG sempat menyatakan gunung dalam status Awas atau Level IV.

Setelah itu, dalam beberapa bulan kemudian status gunung kembali diturunkan menjadi Siaga atau Level 3 hingga sekarang. (LE)

Comment Closed: Sebercak Cahaya Bergerak di Kawasan Puncak Agung

Sorry, comment are closed for this post.