Cerita Wayan Tagel, Dari ‘Cleaning Service’ Jadi Ketua DPRD Gianyar

12 Mei 2018, 15:13


Bali News - Cerita Wayan Tagel, Dari ‘Cleaning Service’ Jadi Ketua DPRD Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.com – Perjalanan hidup seorang Wayan Tagel Winarta yang kini menjabat Ketua DPRD Gianyar, penuh dengan catatan perjuangan dan keprihatinan sejak masa belia.

“Ketua orang tua saya, ayah almarhum I Ketut Cenik dan ibunda Ni Ketut Minta adalah petani di tegal keluarga. Hasilnya tidak seberapa, apalagi orang tua saya memiliki lima orang anak, dan saya anak terakhir. Kami benar-benar hidup pas-pasan,” kata Wayan Tagel dijumpai di kediamannya, di Tampaksiring, Sabtu (12/5).

Terdorong niat ingin bersekolah, sejak SD hingga SMA Wayan Tagel memutuskan ikut pada keluarga kaya dan menjadi pembantu rumah tangga.

Setiap hari, ia masak, mencuci dan membersihkan rumah. Hal ini ia jalani bertahun-tahun hingga menamatkan sekolahnya di SMA.

“Saya kemudian memutuskan untuk kuliah di Universitas Dwijendra dengan mengambil jurusan komunikasi. Untuk biaya kuliah,  saya menjadi ‘cleaning service’ di TVRI,” katanya.

Tingginya kebutuhan hidup dan biaya kuliah, membuat pria kelahiran 1967 ini kemudian banting setir. Ia beralih pekerjaan menjadi tukang kopi keliling menggunakan sepeda motor.  Di bawah deraan hujan, angin dan terik matahari, Wayan Tagel mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk biaya kuliah.

Ketika akhirnya mampu lulus kuliah dengan nilai baik, ia merasakan keharuan mendalam dan memutuskan kembali ke kampung halamannya di Desa Sanding, Tampaksiring.

Dikarenakan tidak memiliki pekerjaan, ia lantas coba-coba maju menjadi calon kepala desa. Keluarga semula tidak mendukungnya, tapi Wayan Tagel tetap pada pendirian karena ingin mengabdi di desanya. Niat Wayan Tagel ternyata mendapat jalan lancar nyaris tanpa rintangan. Ia terpilih menjadi Kepala Desa Sanding.

“Tanpa rencana, ketika masa jabatan kepala desa selesai,  saya tiba-tiba ingin mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Ini dengan modal kemauan dan doa. Dan tenyata, saya bisa menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Gianyar pada tahun 2009,” ujar suami dari  Gusti Ayu Warsini.

Dia melanjutkan, tahun 2014 ia kembali maju sebagai wakil rakyat dan secara mengejutkan malah mendapat suara terbanyak, yakni 7.000 lebih pendukung. Wayan Tagel kemudian menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Gianyar sejak tahun 2014.

“Saya bersyukur atas semua capaian dalam hidup ini. Waktu kecil, saya bercita-cita jadi orang besar dan nasib membawa saya menjadi Ketua DPRD Gianyar. Saya syukuri ini dan berharap keempat anak saya: Agus Leo Adiwibawa, Ayu Diah Leony, Ayu Febri Antari dan Abinanda meniru jejak kemandirian yang telah saya jalani,” katanya. (Vivi)