Kapolsek Ubud: Kearifan Lokal Turunkan Angka Kriminalitas

6 Juni 2018, 11:40


Bali News - Kapolsek Ubud: Kearifan Lokal Turunkan Angka Kriminalitas

Ubud, LenteraEsai.com – Nilai-nilai kearifan lokal yang dipegang teguh oleh masyarakat Desa Ubud, Kabupaten Gianyar, menghadirkan sejumlah pengaruh positif bagi perkembangan destinasi internasional itu.

“Tingginya nilai kearifan lokal yang dipegang masyarakat, berimbas turunnya angka kriminalitas di wilayah setempat,” ujar Kompol I Made Raka Sugita SH selaku Kapolsek Ubud saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (6/6).

Dia melanjutkan, dengan turunnya angka kriminalitas, maka kunjungan wisatawan menjadi stabil dan cenderung naik belakangan ini. Khususnya, wisatawan yang memilih untuk bersantai di objek wisata yang bersuasana tenang dan menawarkan kedamaian.

Apalagi Ubud sudah lama dikenal sebagai objek  wisata seni budaya. Banyak museum seni di wilayah Ubud, sehingga melenakan para pencinta seni dari berbagai belahan dunia.

“Kalau ada ”live music’ dibatasi maksimal sampai pukul 24.00 Wita Tidak boleh lebih, sehingga di Ubud tidak ada suara bising berkepanjangan,” kata pria yang menjadi Komandan Paskribraka tahun 2010 ini.

Kapolsek Ubud yang sudah berkali-kali meraih medali emas dalam kejuaraan judo ini melanjutkan, selain faktor kearifan lokal untuk menjaga kondusivitas, juga ditunjang oleh langkah kewaspadaan yang telah lama dijalankan.

Meliputi, kewaspadaan keamanan personel, markas besar dan kewaspadaan keluarga personel Polsek Ubud.

“Kita didukung dan mendapat support Polres Gianyar. Dan kita juga sinergi dengan TNI, pecalang dan masyarakat dalam menjaga kondusivitas daerah,” ujar Kapolsek Ubud. (LE-GI)