Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Kawah Agung Terisi Material Erupsi 30 Juta Meter Kubik

Kawah Agung Terisi Material Erupsi 30 Juta Meter Kubik

(23 Views) Juli 2, 2018 4:50 pm | Published by | No comment

Karangasem, LenteraEsai.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan rilis yang didasarkan pada data citra satelit.

Rilis itu menyebutkan bahwa pada periode 28 Juni-1 Juli 2018, teramati lava baru mengalir keluar dari tengah kawah dan menyebar secara melingkar dengan volume pada kisaran 4-5 juta meter kubik.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Dr Devi Kamil Syahbana ketika dikonfirmasi Senin (7/2) menyatakan, berdasar hasil dari pemantauan citra satelit menunjukkan bahwa erupsi efusif berupa aliran lava ke dalam kawah masih berlangsung hingga saat ini.

Dia mengatakan, semenjak erupsi 21 November 2017 hingga 1 Juli 2018, volume total kubah lava sudah mencapai sekitar 27-28 juta meter kubik. Atau hampir 50 % dari kawah Gunung Agung yang memiliki volume kosong sekitar 60 juta meter kubik.

“Saat ini, diperkirakan kawah Gunung Agung sudah terisi material erupsi sekitar 30 juta meter kubik,” kata Devi Kamil.

Ketika disinggung berapa berapa lama kawah Gunung Agung akan terisi penuh, maka Devi Kamil belum bisa memperkirakan butuh waktu berapa lama kawah akan terisi penuh.

“Ini dikarenakan laju lavanya masih fluktuatif, tidak sama jumlahnya dengan yang keluar pada setiap erupsi. Terlebih dengan kondisi saat ini yang cenderung lambat,” ujarnya. (LE-KR)

Comment Closed: Kawah Agung Terisi Material Erupsi 30 Juta Meter Kubik

Sorry, comment are closed for this post.