Bupati Marah, Oknum PNS Hadang Pembangunan Jalan KTC-Telaga Bertong

12 Juli 2018, 08:41


Bali News - Caption: Bupati Sumbawa Barat Dr Ir HW Musyafirin MM

Sumbawa Barat, LenteraEsai.com – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir HW Musyafirin MM sangat marah mendengar ada salah satu aparatur pegawai negeri yang melakukan penghadangan pekerjaan pembangunan jalan KTC-Telaga Bertong.

Ditemui baru-baru ini, orang nomor satu di KSB mengaku sangat kecewa dengan sikap oknum aparatur yang menghadang pembangunan jalan KTC-Telaga Bertong. Seharusnya sebagai aparatur, oknum PNS itu lebih memahami aturan dan memberikan contoh kepada masyarakat luas, terlebih lagi yang menghadang merupakan kepala pimpinan salah satu kecamatan di KSB.

Bupati menjelaskan dalam pertemuan awal, semua pemilik lahan sudah sepakat bahwa jalan KTC-Bertong dibangun. Menurut aturan, yang menentukan harga tanah bukan Pemda melainkan tim apraisal yang merupakan tim independen yang bekerja khusus menilai harga tanah. Dalam perjalanan apabila ada ketidakpuasan terhadap harga tanah, dapat mengajukan gugatan ke pengadilan. Apabila pengadilan memutuskan, pihaknya siap berapapun memberikan ganti rugi meski harganya Rp 1 miliar per are.

“Kami pemerintah daerah siap membayar, asalkan ada keputusan pengadilan,” katanya.

Bupati mengaku sudah mengkonfirmasi kepada tim apraisal terkait masalah ini bahwa ada warga yang keberatan. Tim apraisal menegaskan sudah melaksanakan tugas sesuai prosedur dan siap mempertanggungjawabkan. “Kata tim apraisal, jika merasa tidak puas kita ketemu di pengadilan saja,” katanya.

Namun demikian apapun alasannya, lanjut dia, karena semua sudah setuju, pembangunan harus tetap berjalan. 70 orang lebih sudah setuju, hanya tersisa 5 orang yang masih belum puas. Ketidakpuasan mereka tersebut tidak boleh menjadi halangan pembangunan daerah. (LE-SB)