Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Pendaki Rinjani Dievakuasi Menggunakan Helikopter

Pendaki Rinjani Dievakuasi Menggunakan Helikopter

(10 Views) Juli 31, 2018 2:41 pm | Published by | No comment

Lombok, LenteraEsai.com – Tiga pendaki Gunung Rinjani yang terjebak tanah longsor hingga harus bertahan di pinggir Danau Segara Anak, akhirnya berhasil dievakuasi menggunakan pesawat helikopter yang kemudian mendarat di lapangan Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (31/7) pukul 09.39 Wita.

Ketiga pendaki tersebut, Suharti (45), wanita asal Cibubur yang menjabat Kapusdiklat LKPP, serta 2 staf Pusdiklat LKPP atas nama Erlin Halimatussadiyah (26) wanita asal Bekasi, dan M Bagus Novandi (23) laki-laki asal Bogor.

Sedangkan dua porter dan satu ‘guide’ yang juga ditemukan di pinggir Danau Segara Anak, akan dilakukan dievakuasi tahap berikutnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (31/7) siang mengatakan, tim gabungan selain telah berhasil mengevakuasi para pendaki dengan selamat, juga tadi pagi sekitar pukul 09.07 Wita menemukan 7 warga lokal di Gua Susu Aik Kalaq. Mereka ini akan menyusul dievakusi melalui jalur Palawangan.

Untuk menyelamatkan sisa pendaki di Danau Gegara Anak, tim evakuasi menyusul terbang menggunakan helly PK ZGT membawa Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Yana bersama Dansat Brimob Polda NTB Kombes Pol Taufik.

Pesawat dilepas keberangkatannya dari lapangan Sembalun oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP, didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani SSos SH MHan.

Sedangkan penerbangan helikopter berikutnya yang dipimpin langsung Danrem 162/WB, dimaksudkan untuk menjemput jenazah korban atas nama Muhammad Ainul Taksim (28) asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Petugas melaporkan, sekitar pukul 11.25 Wita pesawat sudah kembali dengan membawa jenazah dalam keadaan aman. Dari lapangan Sembalun, jenazah langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Daerah Selong, Lombok Timur, untuk dilakukana proses lebih lanjut.

Tim gabungan yang terlibat dalam mengevakuasi ratusan korban yang tterjebak tanah longsor di kawasan puncak Gunung Rinjani pascagempa berkekuatan 6,4 SR itu, tidak hanya dari jajaran Basarnas, tetapi juga TNI, Polri, BTNGR (Balai Taman Nasional Gunung Rinjani), tenaga medis dan para relawan. (LE-LB)

Tags: , ,
Categorised in: ,

Comment Closed: Pendaki Rinjani Dievakuasi Menggunakan Helikopter

Sorry, comment are closed for this post.