Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Masyarakat Lombok Khawatir Gempa Kembali Muncul Hari Minggu

Masyarakat Lombok Khawatir Gempa Kembali Muncul Hari Minggu

(22 Views) Agustus 22, 2018 1:23 pm | Published by | No comment

Lombok, LenteraEsai.com – Sebagian masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku khawatir gempa besar akan kembali muncul pada hari Minggu mendatang.

Kekhawatiran tersebut dikaitkan dengan pengalaman beberapa kali gempa besar sebelumnya yang terjadi secara berturut-turut justru pada tiga kali hari Minggu. Demikian pernyataan sejumlah warga kepada pewarta LenteraEsai.com di Lombok, Rabu (22/8) siang.

Menanggapi kekhawatiran masyarakat tersebut, pihak BMKG Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya menyampaikan surat secara terbuka.

Dalam surat terbuka yang ditandatangani Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto SP MM menyebutkan bahwa gempa tidak selamanya terjadi hanya pada hari Minggu atau tanggal-tanggal tertentu.

Justru, kata dia, gempa setiap hari terjadi di berbagai wilayah di seluruh dunia. Hanya saja, intensitas atau guncangan dari serentetan gempa-gempa tersebut tidak semuanya dirasakan oleh masyarakat di muka bumi.

Agus menyebutkan, gempa yang terjadi dalam beberapa kali pada tiga hari Minggu yang melanda Lombok dengan guncangan yang cukup besar, sesungguhnya hanya kebetulan saja. Dengan kata lain, tidak semua gempa besar terjadi pada hari Minggu.

Agus mengatakan itu, sehubungan belakangan ini juga cukup santer beredar isu yang menyebutkan perlu lebih berhati-hati pada setiap hari Minggu yang kemungkinan besar akan kembali terjadi gempa bumi yang dapat merenggut korban jiwa dan harta benda.

Isu tersebut dikaitkan dengan beberapa kali gempa yang tergolong besar, justru terjadi pada tiga kali hari Minggu di bulan Juli dan Agustus 2018.

Berdasarkan catatan pihak BMKG, gempa pertama yang dirasakan cukup besar, yakni berkekuatan 6,4 SR, terjadi pada hari Minggu, 29 Juli 2018. Gempa kedua yang intensitasnya lebih besar lagi, 7,0 SR, juga muncul pada hari Minggu, 5 Agustus 2018.

Dari gempa hari Minggu yang pertama dan kedua tersebut, sempat terselingi gempa hari Kamis, 9 Agustus 2018 dengan amplitudo 6,2 SR.

Setelah itu, gempa hari Minggu yang ketiga dan keempat, terjadi secara berturut-turut pada 19 Agustus 2018. Gempa saat ini hanya terpisahkan dalam hitungan menit, masing-masing terjadi pada pukul 12.06 dan 12.10 Wita.

Gempa pukul 12.06 Wita berkekuatan 5,4 SR berlokasi sekitar 25 kilometer timutlaut Lombok Timur, dan gempa pukul 12.10 Wita berkekuatan 6,5 SR dengan efisentrum 32 kilometer timutlaut Lombok Timur.

Tidak terhenti di situ, pada malam hari berikutnya sekitar pukul 21.56 Wita muncul gempa berkekuatan 6,9 SR, ditambah lagi belasan gempa susulan yang cukup terasa mengguncang Lombok dan sekitarnya hinggga jelang dinihari.

Terlepas dari itu, Agus kembali mengingatkan bahwa gempa besar tidak selamanya terjadi pada hari Minggu. Sehubungan dengan itu, ia mengimbau warga untuk tidak gampang percaya dengan isu atau berita ‘hoax’ yang tersebar di masyarakat. (LE-LB)

Tags: , ,
Categorised in: ,

Comment Closed: Masyarakat Lombok Khawatir Gempa Kembali Muncul Hari Minggu

Sorry, comment are closed for this post.