Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Hektaran Lahan di Daerah Kubu Terbakar

Hektaran Lahan di Daerah Kubu Terbakar

(9 Views) November 14, 2018 10:59 pm | Published by | No comment

Kubu, LenteraEsai.com – Sedikitnya lima hektar lahan pertanian dan hutan atau semak-semak milik warga di Dusun Bukit, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, hangus terbakar pada Rabu (14/11) siang.

Kepala Dusun Bukit Nengah Suweca melaporkan, lahan pertanian yang ikut terbakar adalah kebun milik warga yang ditanami jambu mente dan mangga. Ada sekitar lima haktar lahan milik warga yang terbakar.

Kebakaran itu pertama kali diketahui pada pukul 13.25 Wita. Begitu mendapat laporan, Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem langsung terjun ke lapangan.

Didukung tiga unit mobil damkar dengan 17 personel yang dikerahkan, serta dibantu petugas dari Pos Pemadam Kebakaran Abang dan warga setempat, mereka berupaya keras untuk dapat memadamkan kobaran api. Akhirnya pada pukul 17.55 Wita, petugas berhasil menjinakkan kobaran si jago merah.

Kadis Damkar Karangasem Nyoman Sutirtayasa menyebutkan, untuk penanganan kejadian tersebut, tim menghabiskan 25 ribu liter air. “Air sebanyak itu untuk pemadaman sekaligus pendinginan,” ucapnya.

Mengenai penyebab timbulnya percikan api yang kemudian menjadi besar, Kadis Damkar belum dapat memastikan karena masih harus dilakukan penyelidikan dan penelitian secara lebih seksana.

Terlepas dari itu, Sutirtayasa mengakui kalau cuaca panas memang rentan menjadi penyebab timbulnya kebakaran.

Kadis Damkar Sutirtayasa mengimbau warga untuk berhati-hati di musim kemarau seperti sekarang ini. Di daerah lain sudah mulai turun hujan, namun di beberapa wilayah Karangasem masih berlangsung kemarau yang berkepanjangan.

Ia mengingatkan warga untuk tidak sembarang membuang puntung rokok, karena salah-salah bisa memicu kebakaran. Begitu juga saat membakar sampah, hendaknya mampu memperhatikan kondisi lingkungan di sekitarnya, ujar Kadis Damkar. (LE-Nic)

Comment Closed: Hektaran Lahan di Daerah Kubu Terbakar

Sorry, comment are closed for this post.