Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Terkendala Saat Verifikasi, Bantuan untuk Warga Miskin Karangasem Tersendat

Terkendala Saat Verifikasi, Bantuan untuk Warga Miskin Karangasem Tersendat

(5 Views) November 27, 2018 10:02 am | Published by | No comment

Amlapura, Lenteraesai.com – Dinas Sosial Karangasem akan menerapkan bantuan pangan non-tunai kepada keluarga penerima manfaat pada bulan November ini. Bantuan berupa beras sejahtera (rastra) tidak akan dilakukan lagi.

Bantuan pangan non-tunai (BNPT) sendiri akan diterapkan mulai 28 Desember 2018. Kadis Sosial Karangasem Ni Ketut Puspa Kumari, ketika dikonfirmasi Selasa (27/11/2018) mengakui hal tersebut.

“Per 1 Nopember ini tidak ada lagi bantuan rastra,” ujar Puspa Kumari.

Sementara dana dari pusat juga sudah masuk per Nopember ini. Bantuan tersebut saat ini belum bisa dilakukan, sebab masih dilakukan verfikasi dan validasi data untuk calon penerima. Begitu usai validasi, penerima akan mendapatkan rekening penerima BNPT.

Untuk calon penerima dari masing masing desa sedang diverifikasi. Saat ini proses administrasi masih dilakukan. Jika November ini selesai, maka bisa segera dibagikan. Hanya saja pencairannya baru bisa dilakukan pada bulan Desember depan.

“Ini juga termasuk untuk bulan Desembernya,” katanya.

Puspa Kumari mengakui, timnya menghadapi beberapa kendala di lapangan. Salah satunya, ada warga yang tidak bisa hadir karena sakit saat dilakukan verifikasi, sehingga warga yang bersangkutan tidak ikut verifikasi.

Pada masing-masing desa telah disiapkan satu petugas yang melakukan verifikasi. Warga yang tidak bisa datang langsung dicari kerumahnya. Jumlah KPN di Karangasem yang berhak menerima BPNT sebanyak 22.661 yang sudah bisa masuk rekening BRI. Sementara total yang berhak ada 22.77. Sisanya gagal dibukukan di rekening tabungan, karena alamat tidak sesuai.

Nantinya penerima bantuan akan menerima Rp 110 ribu per bulan. Uang tersebut dapat diambil dari kartu ATM BRI. Selanjutnya dapat ditukar di e-warung yang ada di masing- masing desa. Di mana satu e-warung bisa melayani 200 sampai 250 warga.

Dari e-warung tersebut, warga bisa mengambil beras dan telur. Karena barang yang disediakan di e-warung hanya beras dan telur saja. Jika tidak ingin mengkomsumi telur warga bisa menukarnya dengan beras.(LE-NIC)

Comment Closed: Terkendala Saat Verifikasi, Bantuan untuk Warga Miskin Karangasem Tersendat

Sorry, comment are closed for this post.