Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Karangasem Dihujani Abu Vulkanik Gunung Agung

Karangasem Dihujani Abu Vulkanik Gunung Agung

(94 Views) Desember 30, 2018 7:22 am | Published by | No comment

Amlapura, LenteraEsai.com – Sebagian wilayah Kabupaten Karangasem, Bali, dihujani abu vulkanik Gunung Agung sejak Minggu (30/12/2018)  pagi sekitar pukul 05.00 Wita.

Hujan abu dilaporkan menebar pascaterjadinya erupsi Gunung Agung pada 30 Desember 2018 pukul 04.09 Wita.  Erupsi dini hari tersebut terekam pada perangkat seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 3 menit 8 detik, namun tinggi kolom abu dinyatakan tidak teramati sehubungan kabut tebal yang menutup bagian puncak gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu.

Pihak PVMBG mencatatkan, hingga saat ini Gunung Agung masih berada pada status Level III (Siaga), sehingga direkomendasi untuk masyarakat di sekitar gunung atau pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak kawah Gunung Agung.

Sementara itu, usai erupsi Gunung Agung, hujan abu terjadi pada Minggu pagi di beberapa wilayah Karangasem. Salah seorang relawan RAPI Karangasem I Ketut Astawa melaporkan telah terjadi hujan abu di wilayah Bukit Paon, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem.

“Hujan abu tipis terjadi di Bukit Paon,” ujarnya menjelaskan.

Selain di Bukit Paon, sejumlah relawan RAPI Karangasem lainnya pun turut melaporkan terjadinya hujan abu. Seperti di wilayah Amlapura, Ababi, Butus, Tanah Aron,  Pesagi dan beberapa wilayah lain yang umumnya tidak terlalu jauh dari bagian kaki gunung yang bercokol di sejumlah kecamatan di Kabupaten Karangasem.  (LE-KR)

Comment Closed: Karangasem Dihujani Abu Vulkanik Gunung Agung

Sorry, comment are closed for this post.