Babinsa dan Bhabinkamtibmas Berikan Pelatihan Bakamdes

Gianyar, LenteraEsai.com – Lembaga Bantuan Keamanan Desa atau di singkat Bankamdes merupakan organisasi atau lembaga desa sebagai kepanjangan tangan dari aparat keamanan dalam membangun kemitraan masalah Kamtibmas dan masalah sosial lainnya yang terjadi di intern desa, sehingga dihadapkan dengan tugas pokok yang tidak ringan tersebut, anggota Bankamdes perlu ditunjang dengan sumber daya manusia atau SDM yang memiliki fisik yang prima serta jiwa disiplin yang tinggi.

Babinsa Desa Peliatan Sertu Wayan Sukarata bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas Desa Peliatan Aiptu Pande Lasia berupaya untuk meningkatkan disiplin dan dedikasi bagi anggota Bankamdes Peliatan.

Selaku aparat pembina kewilayahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Peliatan  memberikan latihan baris berbaris dan pelatihan fisik bertempat di Jaba Pura Dalem Gede Desa Pekraman Peliatan, Ubud, Minggu (3/2/2019).

Kegiatan diawali dengan arahan-arahan dari Babinsa Desa Peliatan  yang mengajak anggota Bankamdes untuk selalu melaksanakan tugas dengan baik karena lembaga Bankamdes di bentuk berdasarkan kesadaran untuk “ngayah” atau mengabdi kepada Desa Peliatan dengan tidak mengharapkan imbalan apapun dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Sementara itu Babinkamtibmas Desa Peliatan juga mengajak anggota Bankamdes untuk turut serta bersama-sama aparat TNI-Polri mensukseskan Pemilu 2019 dengan selalu melaksanakan koordinasi dan wajib lapor apabila ada perkembangan situasi yang mengarah pada gangguan keamanan di wilayah Desa Peliatan.

Kegiatan pembekalan baris berbaris bagi anggota Bankamdes tersebut dilaksanakan secara rutin setiap seminggu sekali yang bertujuan agar anggota Bankamdes yang sudah dibentuk diberdayakan untuk bekerja sama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menjaga dan memelihara situasi keamanan di Desa Peliatan agar tetap kondusif. (LE-GA)