Ny Putri Koster Menghijaukan ‘Natah’ Jayasabha dengan Sayuran

21 Februari 2019, 12:37


Bali News - Ny Putri Koster Menghijaukan ‘Natah’ Jayasabha dengan Sayuran

Denpasar, LenteraEsai.com – Spirit untuk menghijaukan ‘natah’ atau halaman masyarakat Bali, sudah diawali dari lingkup rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar.

Beberapa sudut halaman Jayasabha telah ditanami beragam sayuran seperti terong, seledri, kelor, mint, serta aneka tanaman bumbu seperti cabai, seledri, serai, temulawak, kencur dan lainnya.

“Ini sekaligus untuk percontohan program Halaman, Asri , Teratur, Indah dan Nyaman atau Hatinya PKK,” kata Ny Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali, ketika ditemui sedang bertanam bibit cabai di halaman timur Jayasabha, Kamis (21/2/2019).

 

Ny Putri Koster menegaskan bahwa penghijauan di wilayah Jayasabha, dapat menjadi contoh konkret bagi masyarakat, bagaimana memaksimalkan halaman agar berdaya guna untuk kehidupan sehari-hari.

Misalnya, menghijaukan halaman dengan tanaman kelor, yang telah dinobatkan sebagai pohon ajaib oleh WHO karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini gampang ditanam, cukup dengan setek batang saja.

“Bisa juga tanam kecicang  atau bongkot. Dapat digunakan untuk menyedapkan masakan dan tampilannya tanamannya bagus juga untuk penghias halaman,” katanya.

Ny Putri Koster menjelaskan, masyarakat zaman dahulu kalau mau memasak, tinggal petik sayuran dari halaman dan kebun. Jadinya makanan serba alami dan tidak terkontaminasi bahan kimia.

“Semoga pelan-pelan ada kesadaran untuk menghijaukan halaman dengan sayuran atau bahan bumbu. Ini untuk mengembalikan jati diri ibu-ibu khususnya, sebagai benteng penjaga rumah tangga,” kata wanita yang dikenal sebagai seniman nasional ini. (LE-DP)