Gunung Agung Dua Kali Erupsi, Pemedek di Pura Besakih Tetap Ramai

Gunung Agung

Amlapura, LenteraEsai.com – Pemedek yang datang ke Pura Besakih, Karangasem pada Minggu (17/3/2019), sangat padat.

Meskipun sejak Migggu pagi Gunung Agung mengalami erupsi dua kali, hal ini tidak menyurutkan niat pemedek untuk menghaturkan bakti.

Merujuk data PVMBG, erupsi pertama terjadi pada pukul 08.03 Wita dengan kolom abu setinggi 500 meter. Kemudian disusul kembali erupsi kedua sekitar pukul 10.30 Wita.

Erupsi kedua ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm, dengan durasi kurang lebih 1 menit 16 detik. Kolom Abu teramati berwarna kelabu dengan ketinggian mencapai 600 meter di atas puncak kawah Gunung Agung.

Sementara itu, pasca-erupsi kedua terjadi, situasi di Pura Besakih tetap ramai lancar. Suasana kondusif tak tampak kepanikan yang terjadi.

“Kami tetap khusuk sembahyang walaupun saat sembahyang Gunung Agung mengalami erupsi,” ujar Made Suwardani, salah seorang pemedek asal Denpasar.

Untuk visual Gunung Agung saat ini tak bisa teramati karena tertutup awan. Sementara saat ini belum ada laporan mengenai wilayah Kabupaten Karangasem yang terpapar hujan abu akibat erupsi yang terjadi. (LE-NIC)