Lansia Tanpa Keluarga Meninggal, Dinsos Bali Urunan Biayai Upacara Kremasi

13 April 2019, 22:18


Bali News - Kadis Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra (berbaju putih) turut menghadiri upacara kremasi

Denpasar, LenteraEsai.com – Seorang pria lanjut usia berumur 80 tahun bernama Putu Sudiana, dan diketahui berasal dari Klungkung ini, baru-baru ini meninggal dunia.

Lansia ini tidak memiliki keluarga dan sudah tinggal selama kurang lebih 2 tahun di Panti Sosial Tresna Werda Wanasraya Denpasar, yang dikelola oleh UPTD Pelayanan Sosial Dinas Sosial Provinsi Bali. Putu Sudiana diketahui meninggal dunia akibat sakit, Selasa (2/4/2019).

Kondisi ini, membuat Dinas Sosial Provinsi Bali berinisiatif melakukan upacara kremasi atau ‘mekinsan di geni’ kepada seorang lansia tanpa keluarga di Krematorium Santha Yana Cekomaria Denpasar, Sabtu (13/4/2019).

“Karena tidak memiliki keluarga, kami berinisiatif untuk melakukan kremasi dan memiliki kewajiban untuk menyelesaikannya. Untuk melangsungkan prosesi ini, kami dari Dinas Sosial Provinsi Bali urunan hingga terkumpul sebesar Rp 3,5 juta, serta dari pihak Yayasan Krematorium juga turut ‘mepunia’ untuk menyelesaikan kremasi,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra, yang hadir saat kremasi berlangsung.

Proses kremasi tersebut dihadiri juga oleh Kepala UPT Pelayanan Sosial beserta beberapa staf dan lansia lain yang turut menyaksikan proses kremasi sampai selesai. (LE-DP)