Penasaran Lihat Gunung Erupsi, Pendaki Asing Nekad ke Puncak Agung

13 April 2019, 16:15


Bali News - Gunung Agung, Karangasem

Amlapura, LenteraEsai.com – Sebanyak empat orang pendaki asal mancanegara, nekad melakukan perjalanan ke puncak Gunung Agung, pada Jumat (12/4/2019) sore sekitar pukul 17.00 Wita.

Masing-masing adalah Trikhanovid Paver (25) dan Trikhanovid anthalika (26) dari Belarusia, serta Olga (20) dan Artem (25) dari negara Rusia.

Perihal terungkapnya keempat pendaki asing melakukan aktivitas ke puncak gunung, karena ditemukan dua sepeda motor yang berada di lahan parkir barat Pura Pasar Agung. Pura ini berada di punggung sebelah selatan Gunung Agung dan terletak di Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

Sekretaris Pasebaya Agung Wayan Suara Arsana menjelaskan, keempat orang pendaki itu akhirnya turun dengan selamat dan tiba di parkiran Pura Pasar Agung pada Sabtu siang, sekitar pukul 14.10 Wita. “Menurut pengakuan, mereka naik karena penasaran lihat gunung erupsi,” ujar Suara Arsana.

Keempat pendaki asing ini, sekarang tengah diinterogasi oleh tim relawan Pasebaya Agung untuk didalami keterangan lebih jauh tentang latar belakang aktivitasnya. Mengingat saat ini, Gunung Agung tengah dalam level III (Siaga) dan baru saja mengalami erupsi pada hari Kamis tanggal 11 April 2019 pukul 18:47 Wita.

Saat itu, teramati tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 8 detik. Sempat terdengar suara gemuruh lemah hingga di Pos Rendang. (LE-KR)