Menu Click to open Menus
Home » Karangasem » Gunung Erupsi, Warga Temukus Lihat Gelindingan Api

Gunung Erupsi, Warga Temukus Lihat Gelindingan Api

(2963 Views) April 30, 2019 7:04 am | Published by | No comment

Amlapura, LenteraEsai.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, mengalami erupsi pada Selasa (30/4) sekitar pukul 05.34 Wita.

Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter dari puncak kawah. Abu teramati berwarna hitam pekat dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 15 detik. Sebelum erupsi terjadi, beberapa tempat di lingkar Gunung Agung seperti di Sebun dan Badeg Dukuh, mendengar suara gemuruh serta merasakan ada getaran.

“Saat merasakan getaran saya keluar. Ternyata Gunung Agung mengalami erupsi dan terlihat ada api menggelinding ke arah tenggara,” ujar Nengah Karta salah satu warga asal Temukus, melalui frekuensi Pasebaya Agung.

Sementara itu, setelah terjadi erupsi, pada beberapa daerah di Karangasem seperti Dukuh Timur, Abang, Datah dan Tulamben terpapar hujan abu dengan intensitas cukup tebal. Namun masyarakat masih tetap tenang dan aktivitas berjalan seperti biasa. Warga diiimbau menggunakan masker dan APT serta menutup bak air. (LE-NIC)

Comment Closed: Gunung Erupsi, Warga Temukus Lihat Gelindingan Api

Sorry, comment are closed for this post.