Gunung Agung Erupsi Disertai Suara Gemuruh dan Dentuman Keras

6 Mei 2019, 23:25


Bali News - Gunung Agung erupsi

Amlapura, LenteraEsai.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali mengalami erupsi pada 06 Mei 2019 pukul 22:55 Wita dengan pancaran kolom abu teramati setinggi ± 2.000 meter di atas puncak kawah, atau ± 5.142 meter di atas permukaan laut.

Letusan yang disertai suara gemuruh dan dentuman cukup keras itu, sempat membuat sebagian warga yang bermukim di bagian lereng selatan gunung dilanda perasaan was-was, khawatir erupsi menjadi lebih besar.

Merujuk sumber data KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunung Api Agung, menunjukkan bahwa kolom abu Gunung Agung teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 5 detik.

Sementara itu, sejumlah relawan Pasebaya Agung malaporkan melalui radio handy talkie bahwa erupsi Gunung Agung kali ini diiringi dengan suara gemuruh dan dentuman yang cukup keras.

“Dari Temukus, suara gemuruh terdengar jelas dan sangat keras. Kami pada posisi 5 km dari puncak kawah gunung,” ujar Made Kempling, salah seorang penduduk Temukus.

Relawan Pasebaya Agung lainnya, Jro Mangku Made menyatakan, hingga kini suara gemuruh masih terdengar keras. Hanya saja, visual Agung tidak teramati karena bagian puncak gunung diselimuti awan tebal. (LE-KR)