Tanah Longsor Timbun Jalanan Desa Bebandem

7 Mei 2019, 13:46


Bali News - Tim gabungan turun mengatasi longsor

Amlapura, LenteraEsai.com – Sebuah tebing yang tiba-tiba ambruk di belahan Dusun Dukuh, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, material longsorannya telah menimbun beberapa meter ruas jalan penghubung antardusun di desa tersebut.

Kalaksa BPBD Karangasem IB Ketut Arimbawa di Amlapura, Selasa (7/5) mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya dari Kadus Dukuh disebutkan bahwa telah terjadi tanah longsor yang menimbun ruas jalan penghubung antardusun, hingga mengakibatkan arus lalu lintas menjadi lumpuh total.

Dikatakan, bencana tanah longsor yang terjadi pada Senin (6/5) malam sekitar pukul 23.00 Wita itu, timbul setelah sejak sore hari sebelumnya hujan turun dengan cukup deras di daerah Bebandem dan sekitarnya.

Diduga karena bagian tebing yang cukup terjal tidak lagi mampu menampung volume air hujan yang cukup besar, akhirnya timbul bencana tanah longsor yang tidak bisa dielakkan.

Kalaksa BPBD Karangasem menyebutkan, sejauh ini pihaknya mendapat laporan bahwa bencana tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa maupun luka-luka, selain hanya menimbun ruas jalan penghubung antardusun yang pada malam itu dalam kondisi arus lalu lintas yang sangat sepi.

Untuk memulihkan kondisi jalan raya yang tertimbun material longsoran yang terdiri atas tanah merah campur bebatuan dan ranting-ranting pohon, TRC BPBD Karangasem dibantu sejumlah instansi terkait dan masyarakat setempat, telah berupaya menyingkirkan material longsoran yang menutup ruas jalan raya, hingga jalanan tersebut kini sudah mulai bisa dilalui, ucapnya menjelaskan. (LE-KR)