Ny Putri Koster: Ibu Rumah Tangga Profesi yang Sangat Mulia

15 Mei 2019, 01:02


Bali News - Ny Putri Koster: Ibu Rumah Tangga Profesi yang Sangat Mulia

Tabanan, LenteraEsai.com – Seorang ibu rumah tangga merupakan suatu profesi yang sangat mulia, mengingat ibu memegang peran yang amat penting, khususnya dalam pendidikan dan pembentukan karakter anak.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan ilmu dan cara yang baik. Peran tersebut hanya dapat dilakukan oleh seorang ibu dan tidak dapat digantikan siapapun juga.

Berkenaan dengan itu, Ny Putri Suastini Koster sangat mengapresiasi para ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, yang mencurahkan semua waktunya untuk merawat anak dan keluarga, sehingga sudah sepatutnya seorang ibu merasa bangga jika menjadi ibu rumah tangga.

Demikian disampaikan Ny Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali dalam sambutannya pada acara Harmonisasi dan Sinkronisasi Gerakan PKK Tahun 2019 di Banjar Batanduren, Desa Cepaka, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Selasa (14/5).

“Ibu rumah tangga mencurahkan waktunya 24 jam untuk keluarga, untuk mendidik anak anaknya dan tanpa digaji, banggalah menjadi ibu rumah tangga. Untuk ibu yang bekerja, saya minta jangan lupa tanggung jawabnya pada keluarga dan mendidik anak, karena pendidikan anak yang utama ada dalam keluarga,” katanya mengingatkan.

Ny Putri Koster juga mengajak para ibu untuk menjaga keluarganya dari berbagai penyakit menular yang berbahaya seperti HIV/AIDS serta penyalahgunaan obat terlarang seperti narkoba. Peran seorang ibu sangat penting dalam upaya pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkoba. Pengawasan serta kontrol yang maksimal diperlukan untuk melindungi generasi bangsa dari narkoba.

Pada bagian lain, istri orang nomor satu di Bali ini mengajak masyarakat, khususnya para ibu untuk mulai menata halaman rumah atau natah dengan menanam pepohonan yang bermanfaat, sehingga halaman rumah tidak hanya asri namun juga dapat memberi manfaat bagi keluarga.

“Kita tanami halaman rumah dengan bumbu dapur, sayur mayur supaya halaman asri dan bermanfaat, bisa menghemat uang belanja juga. Mari kita bersama-sama bergerak, wujudkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari kesejahteraan di tiap keluarga,” katanya.

Kegiatan Sinkronisasi dan Harmonisasi Program PKK pada pagi hari itu juga diisi dengan kunjungan langsung ke rumah percontohan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATI-Nya) PKK serta kunjungan ke rumah UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) berupa pembuatan telor asin, pengembangbiakan jamur tiram serta pembuatan bakso. (LE-TB1)