BI Bali: Kinerja Dunia Usaha Meningkat Saat ‘Peak Season’

27 Juni 2019, 17:05


Bali News - Causa Iman Karana

Denpasar, LenteraEsai.com – Hasil survei kegiatan dunia usaha (SKDU) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengindikasikan kegiatan dunia usaha Bali pada triwulan II semakin meningkat dibandingkan triwulan- triwulan sebelumnya.

“Dari survei tersebut, perkiraan saldo bersih tertimbang (SBT) pada triwulan II sebesar 18,58% dibandingkan pada triwulan I yang hanya sebesar 10,45%,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana pada acara ‘Jumpa Pers KPwBI Bali’ yang berlangsung di Restoran Hub Sanur, Denpasar,  Kamis (27/6/2019).

Pria yang akrab dipanggik Pak CIK mengatakan, pertumbuhan kinerja dunia usaha didorong oleh lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran (SBT 5,96%), Transportasi dan Pergudangan (SBT 2,57%), Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (SBT 1,31%), serta Industri Pengolahan (SBT 2,81%).

“Pertumbuhan kinerja ini meningkat seiring terjadinya ‘peak season’ pariwisata Provinsi Bali dan perayaan hari raya besar keagamaan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, bahkan bukan di kegiatan dunia usaha saja yang meningkat positif, melainkan di sektor aktivitas investasi pada triwulan II 2019 pun juga positif , meski tertahan pada periode Pemilu.

Pertumbuhan perekonomian Bali diperkirakan juga akan tetap tumbuh positif di sepanjang tahun 2019. Masih kuatnya pertumbuhan perekonomian di Bali didukung oleh daya beli masyarakat yang terjaga dan pertumbuhan positif investasi, meski dalam skala terbatas, ucapnya.  (LE-PAS)