Tampilkan 11 Tarian, IKBB Meriahkan Panggung PKB

28 Juni 2019, 13:39


Bali News - Tampilkan 11 Tarian, IKBB Meriahkan Panggung PKB

Denpasar, LenteraEsai.com – Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) menampilkan kesenian khas tanah Batak di panggung Pesta Kesenian Bali (PKB) di Art Centre Denpasar pada Kamis (27/6) malam.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Adat Seni dan Budaya IKBB Petrus Nainggolan, yang juga sebagai penulis skenario untuk penampilan kali ini mengatakan,  pihaknya dalam PKB ini menampilkan sebanyak 11 tarian dan lima lagu-lagu daerah Batak.

Seluruh tarian dan lagu-lagu yang ditampilkan ini kesemuanya merepresentasikan seluruh puak dari suku Batak yang ada di IKBB, seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Pak-Pak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing.

Beragam tarian yang disajikan merupakan tarian-tarian tradisi, seperti Tor-tor Gondang Mula Mula, Tor-tor Somba, Martondo, Anggun Karo dan sebagainya.

Petrus menjelaskan, pilihan tarian yang dibawakan juga diupayakan selaras dengan tema PKB 2019 yakni Bayu Pramana yang berarti ‘Memuliakan Sumber Daya Angin’.

“Di mana kekuatan angin ataupun nafas kehidupan, itulah ketika dilagukan auranya menjadi Sing Sing So,” kata Petrus.

‘Sing Sing So’ menjadi salah satu lagu yang turut dibawakan, yang berarti teriakan dari sampan di tengah laut ke gunung yang tinggi.

Sementara Ketua IKBB Pontas Simamora menyebutkan, untuk tampil di ajang PKB tahun ini, pihaknya melakukan persiapan yang sangat terbatas, yakni baru dimulai bulan Mei lalu.

Namun demikian, berkat bantuan dari berbagai pihak, termasuk perhatian yang tinggi dari Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, sangat membantu IKBB untuk kelancaran acara ini.

Pada kesempatan ini hadir juga Bupati Kabupaten Samosir Drs Rapidin Simbolon SE MM beserta rombongan dari dinas terkait. (LE-DP)