Gelar ‘Gowes Road Bike’, Pangdam IX/Udayana: Momentum Tingkatkan Pariwisata Bali

14 Juli 2019, 17:31


Bali News - Gelar ‘Gowes Road Bike’, Pangdam IX/Udayana: Momentum Tingkatkan Pariwisata Bali

Denpasar, LenteraEsai.com – Kodam IX/Udayana menggelar acara ‘Gowes Road Bike’ yang diikuti dengan antusias oleh perkumpulan ‘bikers’ Bali, Jawa dan Lombok. Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Sesampainya ratusan peserta di garis finish di depan Makodam IX/Udayana di Denpasar, Minggu (14/7) siang, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP yang turut ambil bagian dalam kegiatan ‘Gowes Road Bike’ tersebut, menyatakan rasa syukur dapat melampaui semua etape dengan baik dan tanpa halangan.

“Tadi kami melewati 4 etape. Yang paling istimewa adalah etape 1 dan 2 pada rute Goa Gajah hingga Istana Tampaksiring dengan kondisi jalan yang terus menanjak. Kali ini kita sengaja pilih rute di Gianyar, selanjutnya nanti masih ada event lagi, kita lakukan di daerah lain,” ujar Pangdam kepada awak media massa yang mencegatnya.

Pangdam menyatakan, kegiatan ini selain dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-62 Kodam IX/Udayana dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, juga sekaligus sebagai momentum untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan pariwisata Bali.  “Aktivitas gowes ini juga untuk membudayakan hidup sehat, demi mengisi pembangunan nasional,” katanya.

Pada kesempatan itu, Panglima mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang tergabung dalam club-club bikers se Jawa Timur, Bali dan NTB, seperti di antaranya kelompok Bikers dari Kodam IX/Udayana yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, para Bikers dari NTB dengan pimpinan Danrem 162/WB, Polpit (Polda Bali), Cang Gowes Terus (CGT), Rojali (Malang), Gasak, KPSD, WAFCC, XC Bukitoo, SUB Cycling, 46 Cyclist WDR dan Istaring.

“Perlu diketahui bahwa kegiatan Gowes Road Bike ini selain merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana, juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menggiatkan dan memasyarakatkan olahraga bersepeda. Di samping itu juga, kegiatan ini diharapkan sebagai wahana silaturahmi, saling mengenal satu sama lain, saling bertukar informasi sehingga menumbuhkan keakraban dan kebersamaan,” kata Pangdam.

Pangdam berharap kegiatan sehat seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, sebab dengan bersepeda akan dapat mengurangi polusi udara, sehingga masyarakat akan selalu hidup sehat sebagaimana slogan ‘men sana in corpore sano’ yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G SIP dalam konferensi persnya bersama rekan-rekan media massa, mengungkapkan bahwa kegiatan Gowes Road Bike pada hari ini menempuh route sejauh 80 km.

Kegiatan mengambil titik start di depan Makodam IX/Udayana pada Minggu pagi pukul 06.30 Wita, selanjutnya menuju Jalan Veteran dan Jalan By Pas Ida Bagus Mantra hingga sampai pada Pit stop-1 di Goa Gajah dengan jarak tempuh 25,3 km.

Setelah istirahat beberapa saat, dari Pit stop-1 di tanjakan Goa Gajah menuju Pit stop-2 Istana Tampaksiring dengan jarak sejauh 14 km, selanjutnya menuju Pit stop-3 di Bali Bird Park yang berjarak sekitar 30 km dengan melintasi Jalan Raya Tegallalang sampai dengan Jalan Raya Singapadu. Kemudian dari Bali Bird Park menuju titik finish di Makodam IX/Udayana yang ditempuh kurang lebih sejauh 10,7 km melintasi Jalan Raya Batu Bulan, Jalan Nangka hingga Jalan Hasanudin.

Selesai pelaksanaan Road Bike, untuk mengendorkan kembali otot-otot yang tegang dan menghilangkan kelelahan usai mengikuti kegiatan yang menggembirakan tersebut, di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana para bikers selanjutnya menikmati hiburan dan sekaligus acara pembagian doorprize serta foto bersama dan berfoto selfie/swafoto dengan photo booth yang telah disediakan panitia.

Pada kesempatan itu juga, Kapendam menyampaikan bahwa selain pelaksanaan Road Bike ini, Kodam juga akan menggelar acara yang tidak kalah besar yang rencananya akan diselenggarakan pada 18 Agustus 2019 mendatang, yaitu ‘Udayana Run 5K & 10K’ dengan mengambil lokasi di area Kuta Beach, Kabupaten Badung.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan serangkaian peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana itu, para peserta dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori untuk umum, TNI, Polri dan pelajar, dengan hadiah medali bagi 150 finisher pertama serta total hadiah sebesar Rp 200.000.000,-.

“Untuk itu, kami dari pihak Kodam IX/Udayana berharap kepada rekan-rekan media untuk turut serta membantu mempublikasikan acara tersebut, sehingga acara Udayana Run 5K dan 10K ini dapat diketahui dan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, baik di wilayah Provinsi Bali maupun luar Bali,” ujar Kapendam pada akhir konferensi pers. (LE-DP)