HUT ke-55 BKFH Unud Dimeriahkan Pentas Seni Penyandang Disabilitas

14 Juli 2019, 07:56


Bali News - HUT ke-55 BKFH Unud Dimeriahkan Pentas Seni Penyandang Disabilitas

Denpasar, LenteraEsai.com – Penampilan kesenian penyandang disabilitas (keterbatasan melihat, mendengar, bicara dan fisik) dari Yayasan Bhakti Senang Hati Gianyar, memeriahkan HUT ke-55 Badan Kekeluargaan Fakultas Hukum (BKFH) Universitas Udayana yang berlangsung di Resto Kober Renon Denpasar, Sabtu (13/7) malam.

Di tengah keterbatasan fisik yang mereka miliki, para disabilitas mampu menampilkan gamelan yang didukung alat-alat musik seperti rindik, suling, dan gendang yang tidak kalah bagus dari orang normal sekalipun. Penampilan mereka pun tak hayal berhasil memukau para pengunjung resto tersebut.

Ketua BKFH Universitas Udayana Agung Santosa menyampaikan, pementasan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap para penyandang disabilitas. Paling tidak, memberikan ruang atau peluang bagi mereka untuk berkreativitas, karena mereka juga memiliki kelebihan lain di tengah keterbatasan yang mereka alami.

“Kita sengaja mengajak teman disabilitas untuk ikut memeriahkan HUT ke-55 BKFH agar semua orang tahu bahwa mereka juga memiliki kelebihan di tengah keterbatasannya, sekaligus juga untuk memberi ruang kepada mereka berkreativitas,” ujar Agus Santosa, menegaskan.

Ketua Yayasan Bhakti Senang Hati Nyoman Sukadana menjelaskan, sebenarnya tidak sulit mengajar para disabilitas untuk beraktivitas, termasuk dalam menekuni dunia kesenian.

Kesabaran dan rasa kasih sayang menjadi kunci utama dalam mengajar dan membina mereka. Bagaimanapun keterbatasan yang mereka miliki, tentu memerlukan kesabaran karena harus dilakukan berulang-ulang untuk mencapai hasil yang diharapkan, katanya.

“Kami berharap penyandang disabilitas terus mendapat perhatian dari pemerintah, terutama dalam hal pembinaan, sehingga pada gilirannya kelak mereka bisa hidup mandiri,” ujar Sukadana, mengharapkan. (LE-Ang)