‘GWK Penjor Festival 2019’ Digelar, Dukung Pelestarian Tradisi Bali

20 Juli 2019, 10:49


Bali News - ‘GWK Penjor Festival 2019’ Digelar, Dukung Pelestarian Tradisi Bali

Badung, LenteraEsai.com – Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park sebagai destinasi wisata budaya terdepan di Bali menghadirkan kemeriahan ‘GWK Penjor Festival 2019’, dalam rangka memperingati hari raya Galungan-Kuningan beberapa waktu mendatang.

“Event yang digelar 13-27 Juli 2019 ini merupakan salah satu wujud komitmen GWK Cultural Park dalam mendukung pelestarian kebudayaan dan tradisi di Bali,” ujar Ketua Panitia GWK Penjor Festival Caecilia Monica Suganda ketika diwawancarai di Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung baru-baru ini.

Penjor merupakan satu persembahan umat manusia kepada Tuhan atas kemakmuran yang telah dilimpahkan. Penjor terbuat dari tiang bambu yang berhias janur dan beragam hasil bumi yang dipasang di depan pekarangan rumah. Penjor juga merupakan simbol dari gunung tempat berstananya Dewa dalam agama Hindu. Biasanya Penjor dipasang saat Hari Raya Galungan dan Kuningan dan acara adat lainnya.

Lomba Kreasi Penjor terbuka untuk umum dan pelajar tingkat SMP, SMA, Universitas atau sederajat. Peserta merupakan perwakilan dari banjar, sekolah, atau desa dengan jumlah maksimum 5 orang per kelompok, ujar Caecilia.

Adapun dua kategori yang dilombakan yaitu Penjor Upacara dan Penjor Hias. Dalam lomba kreasi penjor ini peserta wajib menggunakan bahan utama daun lontar atau ental dan bahan-bahan yang tidak mudah layu dan awet selama 14 hari.

“Sebagai dukungan terhadap pengurangan bahan-bahan sintetis, dalam Lomba Kreasi Penjor para peserta tidak diperkenankan menggunakan bahan yang terbuat dari styrofoam atau plastik,” katanya menjelaskan.

Penilaian dalam lomba ini berdasarkan kepada kreativitas, keunikan, keserasian, estetika, kerapihan, dan kelengkapan bahan-bahan yang dipergunakan. Pemenang dari Lomba Kreasi Penjor berhak mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai total puluhan juta rupiah.

Selama gelaran ‘GWK Penjor Festival 2019’ ini, masyarakat pemegang KTP Bali, pemegang Kartu Pelajar Bali dan WNA pemegang KITAS akan mendapatkan diskon 50% untuk tiket masuk GWK Cultural Park.

“Melalui penyelenggaraan GWK Penjor Festival ini diharapkan dapat mendukung pelestarian budaya Nusantara khususnya Bali. Sekaligus mengenalkan ikon-ikon budaya Pulau Dewata kepada masyarakat dan pengunjung GWK Cultural Park, mulai dari keindahan penjor hingga keunikan kesenian Bali seperti tari dan musikal,” katanya. (LE-Purba)