BI Bali Dukung Penerapan e-Retribusi Pasar di Kabupaten Jembrana

12 Agustus 2019, 10:28


Bali News - BI Bali Dukung Penerapan e-Retribusi Pasar di Kabupaten Jembrana

Jembrana, LenteraEsai.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung sepenuhnya pelaksanaan layanan e-retribusi yakni pembayaran menggunakan nontunai dalam bertransaksi retribusi pasar, termasuk di Kabupaten Jembrana.

Layanan e-retribusi merupakan salah satu langkah pengembangan elektronifikasi transaksi penerimaan pemerintah daerah, sehingga selain dapat memberikan kemudahan bagi pedagang pasar juga memberikan manfaat bagi pemerintah daerah. Yakni pengelolaan penerimaan secara aman, efisien, serta data dan informasi yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan lebih optimal.

“Dengan penerapan ini maka semua pengeluaran dan penerimaan akan terakulasi penuh, sehingga akan semakin efisien, trasparan serta mudah diawasi,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho pada acara ‘Launching Layanan e-retribusi dan Peringatan HUT ke-124 Kota Negara, bertempat di areal parkir Pemkab Jembrana, Minggu (11/8) sore.

Menurut Trisno, baik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), serta BPD Bali siap mendorong penerapan pelayanan e-retribusi di kabupaten-kabupaten lainnya, khususnya yang berada di Provinsi Bali.

Diharapkan, lanjutnya, melalui penerapan layanan e-retribusi ini selain dapat meningkatkan pendapatan daerah juga dapat membuat para pedagang belajar serta memahami secara langsung bagaimana proses transaksi nontunai. “Dan nantinya mampu mempermudah pedagang bertransaksi di pasar,” ujar Trino pada acara pameran dan launching e-retribusi ini.

Sementara, peringatan HUT Kota Negara ini disertai pameran kerajinan festival kuliner, yang merupakan agenda rutin tiap tahun. Kali ini acara menjadi lebih spesial, disebabkan sekaligus melaunching penggunaan layanan e-retribusi, yang akan sangat memudahkahkan para UKM dalam bertransaksi di pasar. Kabupaten Jembrana sendiri merupakan wilayah ke-3 setelah Denpasar dan Badung, yang telah menerapkan metode e-retribusi ini.

“Saya sangat antusias untuk mendukung serta membantu para UKM Jembrana agar mampu menerapkan program nasional, yakni pembayaran menggunakan nontunai atau e-retribusi,” kata Bupati Jembrana I Putu Artha pada acara tersebut.

Menurut Bupati Jembrana, dengan penerapan e-retribusi ini proses transaksi berjalan dengan sangat praktis, efisien, tepat dan aman. “Sehingga nantinya mampu meningkatkan pendapatan daerah yang akan berimbas pula pada kesejahteraan masyarakat serta peningkatan kualitan Kabupaten Jembrana,” ujarnya. (LE-Purba)