50 Perupa Muda Tampilkan Karya di Bentara Budaya Bali

23 Agustus 2019, 22:27


Bali News - 50 Perupa Muda Tampilkan Karya di Bentara Budaya Bali

Denpasar, LenteraEsai.com – Pameran yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah kegiatan yang mengajak para perupa muda Indonesia untuk mengapresiasi karya mereka sendiri.

Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada para perupa muda Indonesia yang berusia 15-25 tahun untuk ikut  berkontribusi bagi Indonesia melalui perwujudan gagasan, saran, kritik dan ekspresi dalam bentuk karya seni rupa.

Karya-karya mereka kini dipajang dalam suatu pameran yang mengusung tema Utusan Sosial: Kilat Darurat! di Bentara Budaya Bali di Gianyar.  Pameran ini diselenggarakan sejak 23 hingga 30 Agustus 2019.  Dengan tema tersebut, diharapkan generasi perupa muda tahu apa yang terjadi pada Indonesia sekarang ini.

Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidiakn dan Kebudayaan Dr Restu Gunawan MHum, menyatakan bahwa mengapa mengambil tema ini, karena melihat Indonesia yang sekarang ini sudah memasuki level yang menghawatikan yang ditandai dengan adanya eskalasi konflik sebagai akibat hadirnya media internet, di mana ruang pribadi dan ruang publik seakan tak lagi berbatas, semua dipenuhi dengan ujaran kebencian, hoax, dan cyber bullying.

”Dengan karya para generasi perupa muda yang terpilih ini akan membawa pesan yang kritis, konstruktif, kreatif, dan positif dalam karya seni rupa untuk apa yang terjadi pada negara tercinta kita ini, ” ujarnya dalam jumpa dengan media massa di Kubu Kopi Denpasar, Bali, Rabu (23/8/2019).

Pameran ini melibatkan 50 perupa muda Indonesia yang lolos seleksi dari total 267 pendaftar melalui open call. Lebih dari 20 kabupaten se-Indonesia ikut dalam pameran ini. Tidak hanya dari kota-kota kesenian seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan Bali, melainkan juga dari kota-kota kecil seperti Aceh Singkil, Lampung, Bengkulu, Medan, Palembang, Pariaman, Panyakumbuh, Surakarta, Jombang, Banten, Gresik, Makasar, Gorontalo, Balikpapan, Pontianak, Tuban, Sulawesi Tengah, Salatiga, Pemalang, Ngawi, Pasuruan, Sidoarjo, Klaten, Cilacap, Lamongan, Jepara, Muara Enim, Rembang, Pati, Seragen, Palu, Pamekasan dan Kampar.

Selain pameran yang dilaksanakan di Bentara Budaya Bali, agenda lain yang menjadi rangkaian dari kegiatan Apresiasi Perupa Muda Indonesia adalah berupa wisata budaya ke House of Mask & Puppet, Museum Arma dan Museum Neka. Kunjungan ke studio seni rupa Made Djirna, serta terakhir diskusi seni rupa di Bentara Budaya Bali yang dilaksanakan pada 24 Agustus 2019. (LE-Ang)