Pasang Jaring di Danau Cibereum, Dua Remaja Tewas Tenggelam

23 Agustus 2019, 17:17


Bali News - Foto ilustrasi

Bekasi, LenteraEsai.com – Dua dari empat warga yang memasang jaring ikan di Danau Cibereum Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dilaporkan tenggelam pada Jumat (23/8) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Kejadian tersebut berawal ketika empat remaja yang merupakan warga Desa Lambangjaya, Bekasi, dini hari itu turun ke danau untuk memasang jaring ikan. Tanpa disadari, mereka sudah berada di posisi bagian tengah danau yang cukup dalam.

Mengetahui berada di lokasi yang dalam, keempatnya panik dan berusaha untuk menuju pinggir danau dengan cara berenang. Dua orang berhasil meraih pinggir danau, sedangkan dua lainnya yakni pemuda bernama Muhammad Fajar Ikbal (19) dan Asomah (17), tiba-tiba menghilang dari atas permukaan air.

Tim SAR gabungan yang kemudian turun melakukan upaya pencarian, dibagi dalam dua SRU, di mana SRU pertama melakukan penyisiran menggunakan jangkar dan perahu karet di areal danau seluas 10.000 m2, sementara SRU kedua melakukan penyelaman di sekitar lokasi para korban diduga tenggelam.

I Made Oka Astawa SH MSi, selaku Plh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dan SAR Mission Coordinator (SMC) mengatakan, setelah dilakukan pencarian dalam beberapa jam, akhirnya tim SAR gabungan berhasil menemukan korban sudah meninggal dunia.

Keduanya ditemukan pada Jumat siang sekitar 11.15 WIB dalam jarak berdekatan di dasar danau, tidak jauh dari bentangan jaring ikan yang mereka pasang dini hari sebelumnya.

Jenazah korban M Fajar Ikbal dan Asomah selanjutnya dievakuasi menuju RSUD Kabupaten Bekasi guna mendapatkan visum dokter mengenai sebab-sebab kematiannya, ujar Astawa.

Tim SAR gabungan yang ambil bagian dalam ‘mengubek’ air danau terdiri atas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Tambun, Koramil Tambun, BPBD Kabupaten Bekasi, Lurah Lambang Jaya, Damkar Kabupaten Bekasi, Babinsa, Kudanil Scuba Dive, Ponpes Al–Khairat, Pokbal Tambun, SAR MTA, Korgad Rescue, MEDVOLT, PSC-119, Senkom Kabupaten Bekasi, MPB Kabupaten Bekasi, HMA, dan masyarakat setempat. (LE-BS)