Warga Pasek Satu Hati Antusias Sambut Gede Dana

19 September 2019, 09:14


Bali News - Warga Pasek Satu Hati Antusias Sambut Gede Dana

Amlapura, LenteraEsai.com – Nama Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana diterima semua elemen masyarakat di wilayah Gumi Lahar. Setiap menghadiri perhelatan acara, Gede Dana selalu mendapat sambutan antusias dan meriah.

Salah satunya terlihat saat menghadiri undangan piodalan di Pura Dadia Pasek Tatar, Karangasem, baru-baru ini. Saat itu Gede Dana diterima dengan penuh kekeluargaan, warga menunjukkan satu hati semangat menyambut tokoh yang baru saja mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Karangasem. Padahal saat itu, sedang berlangsung pertemuan rapat bulanan Dulang Mangap Kecamatan Karangasem, yang konteksnya tengah membahas materi mengenai silsilah soroh Pasek.

Pada rapat ini, dihadiri Ketua Dulang Mangap Kabupaten Karangasem Putu Sudana, Tokoh Pasek Nyoman Pasek Yasa, Ketua Dulang Mangap Kecamatan Karangasem I Nyoman Ginantra Artana serta sejumlah warga setempat.

Nyoman Ginantra Artana, menyampaikan saat ini merupakan acara rutin rapat bulanan Dulang Mangap, yang disinkronkan piodalan di Pura Dadia Pasek Tatar. “Secara kebetulan pak Gede Dana hadir ke sini sebagai Ketua DPRD Karangasem. Ini kehormatan bagi kami,” ujar Ginantra.

Sementara I Gede Dana mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan pula dirinya bisa diterima di tengah-tengah warga yang sedang melaksanakan rapat rutin. Apalagi setelah mendengar cerita para penglingsir Pasek tentang konsep menyama braya, pihaknya mengaku sangat mengapresiasi sikap gotong royong warga.

“Bisa bersatu dan bergotong royong dalam beryadnya tentu membuat pembiyaan lebih ringan,” ujar Gede Dana.

Gede Dana melanjutkan, dirinya sangat senang atas wejangan yang diberikan oleh para penglingsir Pasek. Dirinya yang lebih muda, membutuhkan kritik dan saran untuk membangun. Apalagi sebagai sebagai Ketua DPRD Karangasem, dirinya memiliki kewenangan yang sangat terbatas. Namun meski terbatas, jika ada yang mesti disampaikan, pihaknya siap menampung dan memperjuangkan aspirasi yang disampaikan.

“Jangan sungkan jika ada sesuatu terkait perbaikan pura maupun lainnya. Sepanjang bisa memperjuangkan, akan kami perjuangkan melalui pembahasan,” ujarnya seraya berpesan agar warga Pasek menjadi pengawas lembaga DPRD.

Pada akhir acara, Gede Dana ikut melaksanakan persembahyangan bersama sebelum akhirnya diakhiri dengan acara megibung untuk mempererat tali persaudaraan. (LE-KR)