Gianyar Butuh 900 Kantong Darah Per Bulan

26 September 2019, 12:53


Bali News - Gianyar Butuh 900 Kantong Darah Per Bulan

Gianyar,LenteraEsai.com – Sebagaimana yang sudah direncanakan dalam rangka memperingati  HUT ke-74 TNI tahun 2019, seluruh satuan jajaran TNI melaksanakan berbagai kegiatan yang langsung dapat menyentuh kepentingan rakyat, salah satunya adalah kegiatan bakti sosial donor darah.

Kegiatan itu juga dilaksanakan Kodim 1616/Gianyar dengan menggelar bakti sosial donor darah pada Rabu (25/9), bertempat di Gedung Manunggal TNI-Rakyat Kodim 1616/Gianyar.

Bakti sosial kali ini melibatkan ratusan pendonor dari anggota Hipakad Cabang Gianyar, anggota Kodim 1616/Gianyar, Yonzipur 18/YKR, Polres Gianyar,  Satpol PP  Pemkab Gianyar, Damkar Kabupaten Gianyar dan anggota Persit KCK  Cabang XXXV Kodim Gianyar, serta siswa-siswi SMA dan warga masyarakat umum di kabupaten yang dijuluki ‘rumah seniman’ itu.

Dalam sambutannya Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro mengatakan, pada peringatan  HUT ke-74 TNI tahun 2019 ini diadakan beberapa rangkaian kegiatan seperti karya bakti, bakti sosial dan beberapa kegiatan lainnya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi seluruh anggota TNI, Polri, jajaran Pemkab Gianyar dan masyarakat,” ujar Dandim dalam sambutannya.

Lebih lanjut mantan Kasi Teritorial Korem 163/Wira Satya tersebut mengatakan, salah satu tujuan kegiatan donor darah ini adalah untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan kebutuhan darah di wilayah Kabupaten Gianyar. Hal lain tentunya juga untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan darah.

Pada kesempatan tersebut Kepala Unit Transfusi Darah Kabupaten Gianyar dr Desak Tirta Ediastini mengatakan, kebutuhan darah di Kabupaten Gianyar rata-rata 900 kantong per bulannya.

Dikatakan, saat ini baru mencapai rata-rata 700 kantong darah per bulan, sehingga dengan kondisi yang tidak mencukupi tersebut pihak PMI Gianyar biasanya mengambil dari pendonor sukarela bekerja sama dengan UTD PMI Provinsi Bali.

“Pada kegiatan donor kali ini, kami dapat mengumpulkan 58 kantong darah, dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1616/Gianyar ini sangat membantu kebutuhan stok darah,” ujarnya, bangga.

Desak Tirta berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, yang tidak hanya oleh jajaran TNI tetapi juga unsur instansi dan kalangan masyarakat luas lainnya.  (LE-001)