Majelis Adat Kerajaan Nusantara Kagumi Karya Budaya di Museum Gunarsa

4 Oktober 2019, 18:46


Bali News - Majelis Adat Kerajaan Nusantara Kagumi Karya Budaya di Museum Gunarsa

Semarapura, LenteraEsai.com – Puluhan anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) melakukan kunjungan ke Museum Gunarsa yang berada di Dusun Banda, Desa Takmung, Kabupaten Klungkung, Bali pada Kamis (4/10/2019)

Rombongan yang dipimpin Kanjeng Pangeran Edi Wirabumi dari Keraton Surakarta lantas berkeliling ke wilayah museum. Menyaksikan berbagai tanaman langka yang dikembangkan di areal museum seluas kurang lebih 5 hektare ini dan berlanjut melihat-lihat berbagai koleksi seni budaya di museum.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengagumi semua kegiatan dalam rangka pelestarian adat dan tradisi, termasuk karya budaya. Di museum ini, ada upaya pelestarian karya budaya, khususnya dari Bali,” ujar Kanjeng Pangeran Edi Wirabumi di sela-sela kunjungan.

Dia melanjutkan, sesungguhnya kata kunci agar suatu budaya tidak punah adalah dengan cara menjaga karya lama dan meng-create karya budaya baru yang berbasis nilai keluhuran masa lalu yang merupakan peninggalan leluhur yang bernilai adiluhung.

“Semoga kegiatan pelestarian produk budaya di Museum Gunarsa ini dapat diteruskan oleh pewarisnya, serta menjadi inspirasi bagi generasi baru. Dan bagi kami anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara, kunjungan ini dapat menjadi inspirasi pula untuk upaya pelestarian serta pengembangan seni budaya di daerah lain,” ujarnya.

Sementara itu, pengelola Museum Gunarsa, yakni Ny Indrawati Gunarsa menyatakan kunjungan anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) sebagai makna kalau masih ada komunitas dan pihak yang peduli dengan eksistensi seni budaya.

“Seperti di Museum Gunarsa ini, selain memajang karya lukis, juga dilestarikan berbagai karya seni dari kerajaan zaman lampau. Ada topeng, patung, tempat tidur raja, kereta kerajaan, kotak senjata dan lainnya yang kami lestarikan agar tidak punah dari peradaban,” ujar Indrawati.

Menurut Indrawati, konsistensinya melestarikan seni budaya di Museum Gunarsa ini, sebagai wujud kepedulian terhadap benda bersejarah Nusantara. “Dan saya sebagai istri maestro Nyoman Gunarsa, memang berkewajiban untuk menjalankan cita-cita beliau yang belum berwujud semasa hidupnya dulu. Jadi apa keinginan luhur beliau, akan saya teruskan. Salah satunya, ya dengan menjaga benda bersejarah di museum ini,” kata Indrawati. (LE-KL)