Menggali Makna Kebersamaan Melalui TMMD di Lombok Tengah

8 Oktober 2019, 15:22


Bali News - Menggali Makna Kebersamaan Melalui TMMD di Lombok Tengah

Lombok Tengah, LenteraEsai.com – Para Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019 di Dusun Bangka Desa Durian Kecamatan Janapria Lombok Tengah terlihat kompak membaur dan bergotong royong bersama masyarakat setempat.

Makan siang bersama juga dilakukan setiap hari di rumah Inaq Lalu Sukian Hadi, warga setempat, yang selalu memasak memakai uang lauk pauk para anggota Satgas.

Kebersamaan para prajurit terlihat saat yang mengerjakan pembangunan rumah tidak layak huni dengan ukuran 5 x 6 meter milik Inaq Sutawang, serta melakukan rehab Musala Al Ikhlas dengan ukuran 7 x 6 meter.

Komandan Kodim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto SE MI Pol  selaku Dansatgas TMMD ke 106 Kabupaten Lombok Tengah di sela-sela kesibukannya mengatakan, program TMMD merupakan bagian dari kegiatan pembinaan teritorial satuan kewilayahan dengan terjun langsung ke masyarakat dan bekerja sama dengan masyarakat dalam pembuatan sarana maupun fasilitas umum.

Dijelaskannya, selama pelaksanaan TMMD, anggota Satgas akan berbaur dan hidup bersama masyarakat bahkan layaknya seperti keluarga. “Mereka bahkan akan makan dan minum bersama masyarakat layaknya keluarga,” ujar Dansatgas.

Selaku Dansatgas TMMD ke 106 Kodim Loteng, Prastiwanto berharap agar seluruh anggota Satgas berbaur dan melaksanakan komunikasi sosial yang intensif dengan masyarakat sekitar sehingga terjalin keakraban, kebersamaan dan kekompakan yang dapat mendukung terwujudnya pembinaan teritorial secara berkesinambungan dan kemanunggalan TNI Rakyat secara secara natural.

“In syas Allah, semoga kegiatan TMMD ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat, pemerintah daerah dan TNI,” ujar Alumni Akmil 2001 tersebut. (LE-LT)