Diduga Bunuh Transmigran, Petani Ini Menyerahkan Diri ke Babinsa Koramil Donggo

9 November 2019, 17:31


Bali News - Diduga Bunuh Transmigran, Petani Ini Menyerahkan Diri ke Babinsa Koramil Donggo

Bima, LenteraEsai.com – Pria berinisial AN (23) yang diduga melakukan pembunuhan terhadap Supardi warga transmigrasi Lombok RT 05 RW 03 SP 6 Dusun Dorombolo Desa Oi Panahi Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, akhirnya menyerahkan diri kepada Babinsa Oi Panahi Koramil 1608-05/Donggo Serda Abdul Faid, Sabtu (9/11) pagi.

Terduga pelaku yang kesehariannya bekerja sebagai petani itu, berasal dari RT 04 RW 02 Dusun Kawinda Desa Oi Panihi datang bersama keluarga untuk menyerahkan diri kepada Babinsa.

Setelah menyerahkan diri, Babinsa Oi Panihi kemudian berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan kepala desa setempat dan mengambil langkah untuk mengamankan terduga pelaku di rumah Babinsa sebelum dibawa ke Polsek Tambora.

Komandan Kodim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut merasa bangga dan memberikan apresiasi atas kinerja Babinsanya yang melaksanakan tugasnya sesuai prosedur.

“Alhamdulillah ini sebagai bentuk kepercayaan masyarakat kepada TNI, khususnya Babinsa yang setiap saat berada di tengah-tengah masyarakat,” ujar Dandim.

Menurutnya, keputusan yang diambil Babinsa dalam kasus tersebut sangat tepat, langsung berkoordinasi dengan kepala desa dan Babinkamtibmas selaku mitra kerja untuk menyelamatkan terduka pelaku yang sudah berniat baik untuk menyerahkan diri.

“Kita percayakan kepada kepolisian selaku aparat penegak hukum untuk memprosesnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Dandim dengan melati dua dipundak itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga kondusivitas wilayah dengan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing.

Sebelumnya, telah ditemukan sesosok mayat dengan kondisi panah masih menancap di bagian leher, pada hari Jumat (8/11) sekitar pukul 08.30 Wita, yang bertempat di RT 05 RW 03, SP6, Dusun Dorombolo, Desa Oi Panihi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima.

Adapun identitas korban nama ialah Supardi (58), Islam, Petani, warga transmigrasi Lombok, beralamat di RT 05 RW 03, SP 6, Dusun Dorombolo, Desa Oi Panihi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima dan merupakan warga transmigrasi SP6 (sentral perumahan enam) yang berasal dari Lombok Tengah dan berdomisili di Desa Oi Panihi selama 8 tahun. (LE-BM)